CUMA BELI AJA YANG DILIHAT KOK PADA 'GA MAU' ??

Product Knowledge

Meningkatkan penawaran terhadap produk yang dimiliki kepada konsumen dalam bisnis sangat penting. Hal tersebut agar konsumen mengetahui dengan baik produk yang akan dibeli dan digunakan serta meningkatkan kualitas dalam hal menawarkan sebuah produk jika produk dijual kembali. Product knowledge merupakan pengetahuan tentang produk. Beberapa hal yang perlu diketahui dari sebuah produk adalah:
  1. Jenis Produk, Dapat berupa produk untuk kesehatan, informasi untuk meningkatkan penghasilan, telekomunikasi dan sebagainya.
  2. Manfaat Produk, Manfaat apa saja yang akan diperoleh dari sebuah produk yang akan dibeli dan digunakan oleh konsumen.
  3. Media untuk Memasarkan Produk, Karena media sangat membantu untuk memasarkan produk, selain memasarkan secara langsung (tatap muka) kepada konsumen. Maka perlu diketahui juga media apa saja yang dapat digunakan.
  4. Target Pasar, Jika telah mengetahui tentang produk maka akan dapat mengetahui serta menentukan target pasar dalam menawarkan sebuah produk.
Beberapa hal tersebut sangat berguna untuk menunjang dalam menawarkan produk. Sehingga produk yang ditawarkan kepada konsumen akan tepat sasaran.

Kondisi Suatu Wilayah yang Dapat Menurunkan Aktivitas Bisnis

Kondisi pada suatu wilayah sangat berpengaruh terhadap aktivitas bisnis. Pelaku bisnis juga akan dapat terkena dampak yang tidak baik jika kondisi suatu wilayah yang tidak mendukung. Beberapa hal yang dapat menurunkan aktivitas dalam bisnis pada kondisi suatu wilayah :
  1. Kondisi Perekonomian Suatu Wilayah. Jika kondisi perekonomian bagus, daya beli target pasar juga bagus sedangkan jika kondisi perekonomian tidak bagus, daya beli akan menurun.
  2. Bencana Alam. Jika terjadi bencana alam di suatu daerah akan sangat menurunkan aktivitas perekonomian khususnya dalam bisnis.
  3. Krisis Ekonomi. Bila terjadi krisis ekonomi akan berdampak pada bisnis yaitu menurunkan daya beli dan aktivitas bisnis, bahkan dapat berdampak kebangkrutan pada pelaku bisnis.
  4. Perang. Suatu wilayah jika terjadi perang akan sangat berpengaruh, yang menimbulkan bisnis akan tidak kondusif.
  5. Keamanan dan Kenyamanan Suatu Wilayah. Dalam hal ini, suatu wilayah jika terjadi chaos (hal yang dapat menimbulkan negatif pada keamanan dan kenyamanan) pada aktivitas khususnya dalam bisnis.
Dari beberapa hal yang dapat menurunkan aktivitas dalam bisnis pada suatu wilayah. Maka pelaku bisnis perlu saling menjaga kondisi suatu wilayah yang dimiliki, khususnya kondisi pasar dalam bisnis.

Sociable

Dalam bisnis akan sering bertemu dengan banyak orang. Baik melalui media yang digunakan untuk bisnis, khususnya melalui media internet maupun bertemu secara langsung. Dalam pertemuan dengan beberapa orang dalam tujuan untuk mendukung menjalankan bisnis yang dimiliki, perlu adanya faktor sociable pada pelaku bisnis. Faktor sociable merupakan faktor yang memiliki karakter yang supel. Dalam hal ini, jika pelaku bisnis bertemu dengan seseorang akan cepat akrab atau cepat terjadi kedekatan apabila telah melakukan interaksi. Faktor sociable sangat mendukung, sehingga perlu dimiliki oleh pelaku bisnis dalam melakukan penawaran bisnis. Jika pelaku bisnis cepat akrab maka informasi penawaran tentang bisnis yang dimiliki akan dapat diterima dengan baik bahkan menunjang agar dapat terjadi transaksi penjualan.

Sehingga semakin banyak kedekatan dengan seseorang akan semakin banyak juga peluang untuk pelaku bisnis agar terjadi transaksi penjualan terhadap bisnis yang dimiliki.

Selling Point

Pelaku bisnis dalam memberikan penawaran terhadap konsumen perlu juga memperhatikan unsur selling point. Selling point merupakan nilai jual, dalam hal ini nilai jual sebuah atau beberapa produk yang dapat ditawarkan. Beberapa selling point yang dapat diperhatikan adalah:

1. Manfaat sebuah produk.
    Seperti, produk tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan penghasilan,
    higienis dan sebagainya.
2. Kualitas sebuah produk.
    Seperti, kualitas bagus jika dipakai dapat tahan lama, tidak membuat efek
    samping jika memakai produk tersebut dan sebagainya.
3. Tempat produk dijual.
    Seperti, suatu produk dapat dibeli melaui media internet sehingga mudah
    didapatkan kapan saja dan sebagainya.

Untuk memberikan penawaran sebuah atau beberapa produk dapat menggunakan unsur selling point produk tersebut. Selling point dari suatu produk yang dimiliki bisa berbeda-beda. Jika telah mengetahui selling point sebuah produk, dalam melakukan penawaran akan lebih mudah serta dapat mengundang perhatian dan minat konsumen untuk membeli.


     











Lihat Selanjutnya

Entri Populer Banget!

+ populer

# Menjadi Pintar Akan Menghasilkan Kekayaan #
by. Pha. Handriman, S.Pt